Minggu, 29 Juli 2012

About VTR

Video tape recorder adalah tempat penyedian materi-materi program siaran yang berbentuk tape atau kaset siap tayang seperti sinetron, program non-drama. VTR berfungsi merekam dan melihat rekaman pada proses produksi, dapat juga digunakan untuk meng-capture (mengubah rekaman dari kaset pita ke digital). Format yang digunakan, antara lain VHS, S-VHS, dan MiniDV. Kaset-kaset tersebut di barcode atau dikomputerisasikan sehingga terdapat pembagian segmen untuk sebuah program acara. Kemudian setelah dibagi, di input ke Flexicart atau mesin pemutar materi program. Misalnya suatu program sinetron akan tayang pada tanggal 7 November pukul 7 malam, dengan durasi 64 menit dan akan dibagi menjadi lima segmen untuk Running File program tersebut. Selain membagi segmen program, bagian VTR juga menyuplai keperluan materi iklan. Apabila ada materi iklan yang tidak sesuai dengan format yang ada pada ruangan VTR, maka meteri kaset tersebut akan diubah menjadi materi yang siap tayang. Kebayakan stasiun televisi saat ini, sudah meminta perusahaan iklan yang ingin memasuki iklan, agar memasukkan format iklan yang sesuai.


VTR/Video Tape Recorder atau biasa juga disebut VCR/Video Cassette Recorder digunakan untuk merekam hasil shooting. Ada dua jenis VTR yang digunakan yakni VTR yang digunakan untuk merekam dan VTR yang digunakan untuk menayangkan source video/play back yang sebelumnya sudah dibuat, biasa juga dikenal dengan sebutan VT.

Saat ini sistem ini sudah jarang ditemukan, kalau pun ada hanya dioperasikan untuk transfer (memindahkan materi) dari satuVTR k VTR lain. Walaupun demikian ada baiknya dijelaskanbagaimana cara mengoperasikan sistem ini. Ada berbagai carauntuk memfungsikan sistem ini agar dapat bekerja dengan baik :

a. Membuat/merekam control track atau jalur kontrol pada materiedit sepanjang durasi yang dibutuhkan.
b. Fungsikan edit mode pada edit VTR pada posisi insert atau edit.Menentukan posisi insert/edit tergantung kebutuhan perekaman.Jika kita hendak merekam gambar saja maka kita gunakan insertvideo. Jika suara saja kita gunakan insert audio. Jika suara dangambar akan kita rekam, maka kita boleh menggunakanassemble mode atau insert audio dan video.
c. Langkah berikutnya membuat tanda pada edit VTR dimanabiasanya diawal program dimulai angka 00.02.00.00. Membuattanda mulai rekam adalah dengan menekan tombol cam in.
d. Kemudian kita membuat tanda pada playback VTR denganmenempatkan gambar atau suara, kemudian tekan tombol In.
e. Kemudian pada record VTR tekan search dimana pita akan jalanmundur 5 detik (sesuai dengan adjustment yang kita kehendaki).
f. Pad play VTR kita mundur 5 detik (backspace 5 second).
g. Mulai melakukan perekaman dengan menekan tombol playbackpada play VTR dan tombol record pada record VTR secarabersama-sama.

Editing dengan menggunakan VTR (video tape recorder)adalah linier editing sistem. VTR dikontrol oleh seorang operator,sebuah editing control unit atau komputer. Editing linear sistem tidakdapat mengacak gambar yang akan diedit dari sumber gambar atausource VTR kecuali berurutan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar